Cukup 15 menit memahami cara mudah belajar matematika pecahan dasar
Adik adik dan guru guru yang lain pasti pengen belajar dan mengajarkan pecahan dengan cepat, pak guru online coba ajarkan cara mudah belajar matematika pecahan dasar, mudah mudahan kalian bisa memahami dengan cepat yah. Seperti yang kebanyakan kita ketahui, matematika seperti hantu bagi murid murid kita khususnya anak sekolah dasar. Mereka menganggap pelajaran yang identik dengan rumus ini suli dipahami dan membuatnya stress. Pada dasarnya matematika dasar ditujukan untuk mengolah logika anak, namun seiring dengan perkembangan pendudukan yang ada di negara indonesia dimana pelajaran ini adalah mata ujian wajiba pada UNAS. Sehingga mau tidak mau seorang pengajar mengorbankan kenyamanan pelajar dalam memahaminya demi mengejar target standar yang sudah di tetapkan pada kompetensi dasar. Ironisnya pelajaran matematika tidaklah semudah mengajarkan bahasa kepada peserta didik.
Dengan demikian untuk mempermudah pendidik dalam mengajarkan mtk kepada peserta didik diperlukan strategi mengajar yang menyenangkan dan tentunya berkarakter untuk memberikan bekas pada hasil belajar yang sudah dilaksanakan. Misal saja seperti saat ini yang kita bahas adalah materi pengenalan pecahan, dimana kebanyakan guru matematika mengajarkannya tanpa konsep - konsep real yang mudah untuk dipahami sehingga semakin menjadikan momok bagi pelajar terhadap mata pelajaran tersebut. Seharusnya perlu menanamkan konsep terlebih dahulu kemudian kita mengarah kepada pembelajaran rumit. Dari beberapa materi yang memungkin menggunakan media nyata, pastikan kita menggunakannya sehingga memberikan visualisasi yang jelas kepada peserta didik. Disini pak guru online berharap dengan beberapa contoh konsep belajar pecahan bisa memudahkan anda pengajar dan pelajar untuk memahami pecahan mulai dari dasar dengan menggunakan media yang real. Mari sekarang kita mulai pelajaran pertama, perhatikan gambar dibawah ini.
1.Memotong seutas tali menjadi 3 bagian sama.
2. Memotong kertas menjadi 3 bagian sama, diimpitkan.
3. Melipat kertas menjadi 3 bagian sama. Bentuk kertas: bujursangkar, persegipanjang
Menunjukkan dengan gambar:
1. Pada kertas bertitik
2. Pada daerah yang diarsir
Contoh:
Melipat selembar kertas menjadi 3 bagian sama. Hasil lipatan dilipat lagi menjadi 2 bagian sama, kemudian dibuka ada 6 bagian sama.Dijelaskan:
1. Pengertian keseluruhan (mengulang)
2. Pengertian sepertiga
3. Pengertian seperenam
Lihat gambar untuk penjelasan lanjutnya
Contoh
Dengan menggunakan gambar
Arsir daerah pada “satu utuh dibagi 10 bagian sama” untuk memperkenalkan pecahan persepuluh.
Para pendidik bisa menerapkan beberapa contoh baik dengan media nyata yang sederhana dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita untuk mulai mengajarkan matematika pecahan dasar kepada anak dan muridnya dengan pengajaran yang lebih berkarakter. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah pengajaran matematika pecahan di sekolah kita.
Dengan demikian untuk mempermudah pendidik dalam mengajarkan mtk kepada peserta didik diperlukan strategi mengajar yang menyenangkan dan tentunya berkarakter untuk memberikan bekas pada hasil belajar yang sudah dilaksanakan. Misal saja seperti saat ini yang kita bahas adalah materi pengenalan pecahan, dimana kebanyakan guru matematika mengajarkannya tanpa konsep - konsep real yang mudah untuk dipahami sehingga semakin menjadikan momok bagi pelajar terhadap mata pelajaran tersebut. Seharusnya perlu menanamkan konsep terlebih dahulu kemudian kita mengarah kepada pembelajaran rumit. Dari beberapa materi yang memungkin menggunakan media nyata, pastikan kita menggunakannya sehingga memberikan visualisasi yang jelas kepada peserta didik. Disini pak guru online berharap dengan beberapa contoh konsep belajar pecahan bisa memudahkan anda pengajar dan pelajar untuk memahami pecahan mulai dari dasar dengan menggunakan media yang real. Mari sekarang kita mulai pelajaran pertama, perhatikan gambar dibawah ini.
Cara memahami pecahan melalui benda nyata
Pertama
Cara pendekatan :
Cara pendekatan :
Untuk memahami secara gampang mengenai pecahan dasar kalian bisa memulai dengan memperlajari dari kejadian sehari - hari melalui benda-benda kongkret:
Setengah dikenalkan sebagai bagian tertentu dari suatu benda
Contoh
- Membelah buah menjadi dua bagian (buah jeruk, apel, dll) → awal konsep.
- Memotong seutas tali menjadi dua bagian sama panjang.
- Memberi pengalaman membelah atau memotong menjadi dua bagian tidak sama.
- Disimpulkan bahwa setengah dari keseluruhan adalah satu dari dua bagian yang sama besar.
- Setengah diperkenalkan melalui himpunan bagian dari suatu himpunan tertentu.
Contoh:
- Dengan manik-manik
- Membagi sejumlah kelereng (genap) kepada dua anak. Masing-masing menerima sama banyak.
- Masing-masing menerima setengahnya.
Kegiatan pendalaman konsep/abstraksi:
Menunjukkan setengah dengan menggunting kertas menjadi dua bagian sama besar. Selesai digunting, satu potong diimpitkan pada potongan lain.
Contoh
Bentuk potongan:
Dengan kertas bertitik dibentuk bangun-bangun ditunjukkan setengah melalui gambar-gambar daerah yang diarsir.
Menyebutkan/menunjukkan pecahan setengah melalui gambar-gambar daerah yang diarsir
Kedua
Cara pendekatan:
Contoh
Melipat kertas menjadi setengahnya, dilipat lagi menjadi setengahnya (lipatan berimpit). Lipatan dibuka maka ada 4 bagian sama besar.
Guru memandu dengan pertanyaan:
1. Pengertian keseluruhan (mengulang)
2. Pengertian setengah (mengulang)
3. Pengertian seperempat
4. Hubungan setengah dan seperempat
5. Hubungan keseluruhan dan setengah, keseluruhan dan seperempat
Secara tidak langsung mengenal nama lain pecahan.
Bentuk kertas: Bujursangkar, persegipanjang, elips, lingkaran, segitiga, dll |
Menyebutkan/menunjukkan pecahan setengah melalui gambar-gambar daerah yang diarsir
(Tunjukkan gambar-gambar yang mewakili pecahan setengah Dan bukan setengah) |
Contoh
Melipat kertas menjadi setengahnya, dilipat lagi menjadi setengahnya (lipatan berimpit). Lipatan dibuka maka ada 4 bagian sama besar.
Guru memandu dengan pertanyaan:
1. Pengertian keseluruhan (mengulang)
2. Pengertian setengah (mengulang)
3. Pengertian seperempat
4. Hubungan setengah dan seperempat
5. Hubungan keseluruhan dan setengah, keseluruhan dan seperempat
Secara tidak langsung mengenal nama lain pecahan.
1.Memotong seutas tali menjadi 3 bagian sama.
2. Memotong kertas menjadi 3 bagian sama, diimpitkan.
3. Melipat kertas menjadi 3 bagian sama. Bentuk kertas: bujursangkar, persegipanjang
1. Pada kertas bertitik
2. Pada daerah yang diarsir
Contoh:
Melipat selembar kertas menjadi 3 bagian sama. Hasil lipatan dilipat lagi menjadi 2 bagian sama, kemudian dibuka ada 6 bagian sama.Dijelaskan:
1. Pengertian keseluruhan (mengulang)
2. Pengertian sepertiga
3. Pengertian seperenam
Lihat gambar untuk penjelasan lanjutnya
Contoh
Dengan menggunakan gambar
- Satu utuh
- Satu utuh dibagi 10 bagian sama
- Satu utuh dibagi 100 bagian sama
Para pendidik bisa menerapkan beberapa contoh baik dengan media nyata yang sederhana dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita untuk mulai mengajarkan matematika pecahan dasar kepada anak dan muridnya dengan pengajaran yang lebih berkarakter. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah pengajaran matematika pecahan di sekolah kita.
trimakasih
BalasHapustrimakasih
BalasHapusMather Branded Shaving Tools
BalasHapusShop for Merkur & Mather Branded Shaving Tools at Titanium. Explore our titanium phone case wide selection of titanium color quality surgical steel vs titanium shaving 바카라 양방 products. titanium connecting rod